Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia (Automotive Multimedia Interface Colaboration - AMI-C)
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia
PENDAHULUAN
Antar muka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan
sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.
Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan
pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan
Graphical User Interface(GUI).
Kolaborasi antar muka otomotif multimedia adalah dalah sebuah
organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi dunia yang digunakan
dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh
Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau computer dan radio dalam mobil.
Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap
kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bisa saja mengganggu sistem
keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu
dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Kolaborasi antar muka otomotif multimedia adalah sebuah organisasi
yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam
mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer
dan alat komunikasi kendaraan atau computer dan radio dalam mobil. Satip alat
elektronik itu harus dapat bekerja dengan selaras sehingga kendaraan dapat
lebih handal.
Setiap perangkat elektronik
yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik
atau multimedia bis saja mengganggu system keselamatan dan system-sistem lain
di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi
antarmuka multimedia. Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C)
sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan,
PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi
antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan
komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis
standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2
tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel,
komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati
beberapa generasi dalam waktu itu.
Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play
global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan
kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.
Sejarah AMIC (Automotive Multimedia Interface
Colaboration)
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan
pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi
umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk
mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam
kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors,
Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan
demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum
industri mobil.
Arsitektur Kolaborasi Antarmuka
Otomotif Multimedia
- AMI-C 3023 Power Management Specification
- AMI-C 3013 Power Management Architecture
- AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power
Management
- AMI-C 3034 Power Management Test Documents
- AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
Fungsional Kolaborasi Antarmuka
Otomotif Multimedia
Tujuan -
tujuan utamanya yaitu sebagai berikut :
·
Menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
·
Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan
sistem elektronik kendaraan.
·
Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan
dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan
memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak
pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
·
Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi
untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
Struktural Kolaborasi Antarmuka
Otomotif Multimedia
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan
menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok
otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan
diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di
Detroit. “AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun
terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan
mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa
depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah
saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk
menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan
kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang
tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat
ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW,
DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA /
Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan
kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa
depan.
Sumber:
http://bagaspriambodo.blogspot.co.id/2015/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif.html
Komentar
Posting Komentar