Artificial Intelligence (AI)



Kecerdasan Buatan (Artificial  Intelligence)

Kecerdasan Buatan (Artificial  Intelligence) ini didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzyjaringan syaraf tiruan dan robotika.
Menurut KBBI Kecerdasan Buatan (Artificial  Intelligence) itu Daya reaksi yang cepat dan tepat, baik secara fisik maupun mental terhadap pengalaman-pengalaman baru, membuat pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Siap untuk dipakai apabila dihadapkan pada fakta atau kondisi-kondisi tertentu.
Dari pengertian kecerdasan buatan di atas sangatlah menarik untuk kita ketahui kecerdasan seperti apa   sih yang telah diciptakan pada perkembangan teknologi saat ini. Kita lihat beberapa contoh kecerdasan buatan yang telah di buat oleh orang-orang hebat seperti dibawah ini :
1.    T-52ENRYU

Sebuah robot bertinggi 3,3 meter yang diciptakan Jepang untuk keperluan penyelamatan. ENRYU yang berarti naga diciptakan pertama kali pada tahun 2004 untuk mendampingi proses evakuasi korban gempa dan bencana yang terjadi di Jepang. Robot ini memiliki lengan yang mampu mengangkat 500 kg benda. Pada tahun 2007, diciptakan versi yang lebih baru dari robot ini, disebut T-53, untuk misi penyelamatan korban gempa di Nigata, Jepang.

Atau contoh yang lainnya dapat kita lihat di link bawah ini :
Menurut saya contoh-contoh termasuk kedalam Kecerdasan Buatan (Artificial  Intelligence) yang di buktikan kecerdasan layaknya seperti manusia.
Teknologi semakin lama semakin berkembang pesat dengan kemampuan menirukan gerakan manusia (humanoid) yang mmakin di sempurnakan. Tidak hanya menirukan gerakan robot saja bahkan hewan piaraanpun dapat ditiru dengan kemampuan yang sangat mirip.Memang robot ini tidak dapat menggantikan keberadaan manusia, setidaknya hal ini dapat membantuberbagai macam pekerjaan yang biasa manusia lakukan.

Contoh kecerdasan buatan masa depan :
1.Toyota’s Humanoid: robot pemain biola
 
Toyota baru-baru ini memperkenalkan robot baru yang mampu bermain biola. Meski permainannya belum terdengar sempurna, robot dengan tinggi 1,5 m ini mampu memainkan “Pomp dan Circumstance” dari Elgar tanpa salah.

2.  Yume Neko Smile: the robo-cat
 
The Yume Neko Smile (“Senyum Kucing Impian”) adalah robot kucing yang unik tidak seperti mainan biasa. The Yume Neko Smile tingginya 13 inci dan berat 4,5 pound. Dilengkapi dengan 5 sensor yang tersembunyi yang bereaksi terhadap sentuhan. Yume Neko tidak akan bisa memburu tikus tapi matanya bisa berkedip, menggerakkan mulutnya, lehernya, menaikkan pantatnya, dan tiduran, serta selalu mendengkur, meong, dan coba tekan ekornya, dia akan marah dan mendesis. Setelah ditinggal dalam satu saat, seperti layaknya kucing sungguhan, dia akan tertidur, mulai mendengkur pelan dan akhirnya diam dalam mode low-power. Tentu saja kucing ini bulunya tidak baud an tidak bikin alergi bagi orang yang memilikinya.
















Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Standar Etika Profesi Di Indonesia Dengan Luar Negeri

PENGALAMAN BERORGANISASI

LOOKING FOR ALIBRANDI - MENCARI JATI DIRI